Hello world? Apakah itu?

Published by Farih on

Bagi para software developer atau programmer pasti tidak akan asing dengan kata ini. Tapi mungkin bagi kamu yang bergelut di luar bidang IT mungkin akan bertanya-tanya. Hello world? Halo dunia? Apa maksudnya?

Introduction

Jika kamu adalah programmer, lewati saja part ini dan langsung menuju ke HistoryKarena informasi yang disampaikan di part ini hanya buat non-programmer yang belum mendengar mendengar istilah “Hello World”.

Ada yang mau saya ralat, sebenarnya “Hello World” bukanlah sebuah istilah, tapi hanya sebuah kata biasa. Hanya saja kata ini sangat dikenal dikalangan programmer sampai menjadi standar tidak resmi saat sebuah program pertama kali dituliskan.

Hampir dipastikan semua yang pernah belajar coding sangat familiar dengan kata “Hello World” ini. Karena tahap pertama jika kamu belajar sebuah bahasa pemograman, atau belajar koding adalah dengan membuat program aplikasi hello world.

Jangan terlalu jauh membayangkannya, program yang dibuat sangatlah sederhana, di dalamnya hanyalah sebuah fungsi untuk menampilkan kata “Hello World!”. Karenanya hampir kebanyakan bahasa pemograman memiliki panduan langkah pertama dengan membuat program hello world, seperti yang dilakukan Your first java program.

#history

History

Pernahkah kalian bertanya-tanya darimanakah asal muasal kata “Hello World” ini? Saya pun demikian, terkadang iseng muncul pertanyaan kenapa sih setiap panduan pemrograman selalu dimulai dengan menampilkan kata ini. Kenapa gak dengan kata yang lain, misalkan halo pak eko, atau halo bang udin? hehehe.

Berbekal rasa penasaran saya akhirnya menemukan jawaban kenapa kalimat sederhana ini bisa menjadi standar yang digunakan banyak orang.

Kisahnya dimulai ketika Brian Kernighan menuliskan sebuah buku A Tutorial Introduction to the Programming Language B. Di dalam buku itu sang legenda memberikan contoh program untuk menuliskan kata “Hello, World”.

Populernya program hello world dimulai ketika Brian menuliskan buku selanjutnya tentang bahasa C, The C Programming Language. Di dalam buku ini dia mereferensikan contoh program hello word yang dia tulis di buku sebelumnya.

Saat diwawancarai oleh Forbes India dia sendiri tidak begitu ingat kenapa memilih kata itu. Ingatannya sendiri samar-samar, dia hanya ingat bahwa sedang melihat kartun anak ayam dengan telur-telur dan anak ayam itu berkata “Hello, World”.

Saat itu Brian maupun kawannya Dennis Ritchie yang juga penulis buku tentang bahasa C tidak menyaka kalimat tersebut akan sefenomenal sampai sekarang. Meskipun belum ada orang yang bisa menjelaskan kenapa program hello world sangat fenomenal, tidak bisa dipungkiri bahwa program hello world menandai perubahan besar yang terjadi di dunia pemograman saat itu.

Ada sebuah penjelasan menarik mengenai alasan kenapa fenomena viral program hello world terjadi. Dalam pandangan orang sebelum itu, komputer adalah sesuatu yang besar menghabiskan ruang, butuh banyak orang, sangat mahal, sangat sulit dan ribet. Hal itu kemudian mulai berubah ketika hadir sebuah jenis komputer yang bisa dimiliki bahkan secara personal.

Kehadiran mikrokomputer  PDP-11 (Programmed Data Processor) saat itu menjadi katalis utama viralnya program hello world. Istilah PDP sendiri diambil karena komputer dalam pandangan masyarakat berasosiasi dengan sesuatu yang besar, mahal dan rumit. Nama PDP sendiri untuk menghindari asosiasi tentang komputer dan merubahnya presepsi itu dalam masyarakat.

Dan ternyata, “it works”, PDP-11 menjadi sangat populer, dan kamu tahu apa OSnya. Saat itu OS yang cukup populer adalah UNIX, dibuat dengan bahasa C. Populernya bahasa C, UNIX di mesin PDP-11 mendorong penjualan buku C The Programming Language. Ribuan orang belajar bahasa C dari buku tersebut.

Dan setelah itu hampir semua programmer di tahun 80-an dan 90-an pasti memiliki buku legendaris ini. Jutaan kopi buku tersebut terjual dan dimiliki hampir semua programmer.

Banyak program inisiasi lain, tetapi yang paling populer adalah program hello world. Bahkan ketika kamu melakukan instalasi wordpress, post pertama yang muncul adalah, Yes, you know it. Sebuah postting berjudul “Hello World”.

— Thanks, semoga bermanfaat.

Reference

The history of hello world

Hello, World! program

Where does hello world come from


1 Comment

A WordPress Commenter · 3 October 2018 at 4:46 pm

Hi, this is a comment.
To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply